Minggu, 13 Januari 2013

belanda

Belanda merupakan negara maju di Eropa Barat yang wilayahnya berbatasan dengan jerman di bagian timur, Belgia (di sebelah selatan) dan Laut Utara (di bagian barat). Istilah Belanda berasal dari Bahasa Portugis (Holanda) yang di Indonesikan. Belanda sangat di kenal rakyat Indonesia karena pernah menguasai kepulauan nusantara berabad-abad pada era kolonialisme dan imperalisme. Pengakuan kemerdekaan atas Hindia Belanda (Indonesia) terjadi pada perundingan Meja Bundar (KMB) tanggal 27 Desember 1949. Namun saat ini Belanda menyatakan pengakuan kedaulatan Indonesia sejak tanggal 17 Agustus 1945. Pusat pemerintahan Belanda berada di Den Haag, sementara ibukota berada di Kota Amsterdaam.

Secara geografis, wilayah Belanda berada pada pusat pelayaran dan perdagangan di Eropa Barat. Negara ini memiliki kota-kota Pelabuhan besar seperti Eidhohen, Rotterdaam dan Amsterdam. Namun luas wilayahnya tergolong sangat sempit untuk menampung penduduk sejumlah 16.586.000 jiwa (tahun2009), sehingga negara ini tergolong negara terpadat di dunia.Selain itu hampir 45% wilayahnya berada di bawah permukaan laut sehingga masyarakat Belanda banyak membangun Tanggul- tanggul dan canal sebagai tempat pemukiman. Selain canal, Belanda juga terkenal sebagai produsen bunga tulip, dan kincir angin. 

 Sejarah Belanda 
Sebelum merdeka, Belanda adalah bagian dari Kekaisaran Perancis di bawah kekuasaan Napoleon Bonaparte. Setelah Napoleon mengalami kemunduran, Kerajaan Belanda didirikan pada 1815 meliputi kawasan Belgia dan Luxemburg. Belgia mendapat kemerdekaan pada 1830, sedangkan Luxemburg berpisah selepas kematian Raja Willem III. Pada abad ke-19, Belanda sudah menjadi sebuah negara industri yang sebanding dengan negara negara tetangganya. Negara ini kemudian berkembang menjadi penguasa perdagangan, ekonomi dan negara maritim yang kuat pada abad 17. Belanda juga banyak melakukan ekspansi wilayah, sehingga memiliki banyak koloni seperti Hindia Belanda (Indonesia), Suriname, Niew Amsterdam (sekarang New York). 
Semasa Perang dunia I dan Perang dunia II, Belanda memilih bersikap netral. Namun setelah wilayahnya ditaklukkan pasukan Nazi (Jerman) pada bulan Mei 1940, Belanda memutuskan bergabung dengan Sekutu. Pada masa pendudukan Nazi, Lebih dari 100.000 Yahudi-Belanda dibunuh. Pembebasan Belanda dilakukan tentara Sekutu melalui operasi militer setelah pendaratan di Normandy oleh Inggris, Kanada, Polandia dan Amerika yang bertempur di Belanda mulai dari tahun 1944 sampai Belanda dibebaskan tahun 1945. Selepas perang, ekonomi Belanda menjadi semakin maju dengan Belanda menjadi anggota Benelux dan Komunitas Eropa. Belanda juga menjadi anggota NATO. Dikemudian hari Belanda menjadi negara perintis Uni Eropa yang didirikan tahun 1992. 

Belanda dibagi menjadi 12 wilayah administrasi dalam bentuk provinsi yaitu Groningen, Friesland, Drenthe, Overijssel, Flevoland, Gelderland, Utrecht, Noord-Holland (Holland Utara), Zuid-Holland (Holland Selatan), Zeeland, Noord-Brabant (Brabant Utara), Limburg. Selain itu, Belanda memiliki wilayah kekuasaan di kepulauan Karibia yaitu Antillen Belanda dan Aruba.
Perekonomian 
Belanda menganut system ekonomi liberal yang memberikan keleluasaan terhadap investasi. Produk utama negara ini berupa bahan makanan, bahan kimia, pemrosesan minyak, produk otomotif, listrik, dan elektronik. Walaupun wilayahnya sempit, namun Belanda mampu membangun industri makanan yang sangat maju. Belanda menduduki urutan ketiga dalam daftar pengekspor makanan, setelah Amerika Serikat dan Perancis. Perusahaan-perusahaan multinasional asal Belanda antara lain Shell Oil (Perusahaan minyak) dan Philips (Perusahaan elektronik). Belanda mempunyai ekonomi yang maju dan terbuka yang mana pemerintahan telah mengurangi peranannya dalam mengawal ekonomi Belanda sejak 1980-an. Aktivitas ekonomi utama di Belanda adalah termasuk pemrosesan makanan, bahan kimia, pemrosesan minyak, dan pembuatan mesin listrik. Walaupun sektor pertaniannya hanya menyediakan peluang pekerjaan kurang dari 4% populasi, Belanda mampu menghasilkan kelebihan dalam industri makanan untuk diekspor. Belanda menduduki urutan ketiga dalam daftar pengekspor makanan, setelah Amerika Serikat dan Perancis.
Sebagai negara perintis Euro, Belanda menggantikan mata uang lamanya, gulden, pada 1 Januari 2002.
 

Geografi

Salah satu bentuk muka yang menarik di Belanda ialah permukaan tanahnya sangat rata. Hampir separuh daripada negara Belanda berada kurang 1 meter dpl. Walaupun demikian, provinsi Limburg, yang berada di bagian tengara negeri Belanda, sedikit berbukit.Permukaan tertinggi ialah Vaalserberg, yang berada di provinsi Limburg, mempunyai ketinggian 321 m. Permukaan yang terendah ialah Nieuwerkerk aan den IJssel, yang berada 6.76 dibawah permukaan laut.
Banyak tanah rendah dikawal oleh dijk dan dinding laut. Sebagian kawasan di Belanda, misalnya daerah Flevoland, mesti direklamasi. Kawasan yang direklamasi itu dipanggil polder.
Salah satu konstruksi yang terkenal ialah "Afsluitdijk" (Penutup Tanggul), yang memisahkan danau IJssel (IJsselmeer, dulunya disebut laut Zuider atau Zuiderzee) dengan laut Wadden (Waddenzee). Panjang dari tanggul ini 32 km dan lebarnya 90 m.
Negara ini dibagi kepada dua bagian utama oleh sungai Rhine (Rijn), Waal, dan Maas.
Arah angin yang utama di Belanda ialah barat daya, yang menyebabkan iklim kepulauan yang sederhana, dengan musim panas yang dingin dan musim sejuk yang sederhana.

Budaya

Belanda mempunyai banyak pelukis ternama. Ketika abad ke-17, Belanda melahirkan banyak pelukis andal seperti Rembrandt van Rijn, Johannes Vermeer, Jan Steen dan lain-lain. Pelukis ternama abad ke-19 dan 20 pula ialah Vincent van Gogh dan Piet Mondriaan selain M.C. Escher (ahli seni grafik) dan Han van Meegeren (pemalsu seni)*[1].
Belanda juga merupakan tanah air Desiderius Erasmus dan Baruch de Spinoza. René Descartes pula banyak menjalankan pekerjaannya di Belanda.
Belanda menjadi umum pada 14 SM dalam Reformasi Bahasa Hoovers van Otton(14 SM-29 M dalam budaya Tradisi Belanda kebanyakan Bahasa Belanda (92%)
 

Profil Negara Belanda Piala Euro 2012

Dengan pemain-pemain kelas dunia, Belanda selalu menjadi favorit setiap tampil di Piala Eropa. Dengan pakem total football mereka sempat menjadi juara Piala Eropa 1988. Saat itu Belanda yang dilatih Rinus Michels diperkuat nama-nama kondang seperti Ruud Gullit, Marco van Basten, dan Ronald Koeman. Mereka memastikan gelar juara setelah menaklukkan Uni Soviet 2-0 di partai puncak.

Itulah satu-satunya gelar bergengsi yang sukses direbut Belanda. Setelah itu prestasi terbaik mereka di Piala Eropa hanyalah menembus semi final pada 1992, 2000, dan 2004. Kini berstatus sebagai peringkat 2 FIFA (per Maret 2012) dan bermaterikan pemain-pemain kelas wahid seperti Wesley Sneijder (Inter Milan), Robin van Persie (Arsenal), dan Arjen Robben (Bayern Munich), Belanda siap menjadi juara Piala Eropa untuk kali kedua.
Road to EURO 2012
Belanda tampil nyaris sempurna di babak kualifikasi. Berada di grup E bersama Swedia, Hungaria, Finlandia, Moldova, dan San Marino, Belanda mencatat 9 kemenangan dan hanya 1 kali kalah. Satu-satunya kekalahan anak asuh Bert van Marwijk didapat di partai pamungkas yang sudah tidak menentukan. Saat itu mereka dikalahkan 2-3 oleh Swedia. Belanda pun keluar sebagai juara grup E.
Sejumlah rekor ditorehkan Belanda di babak kualifikasi. Mereka tercatat sebagai tim yang paling produktif dengan mencetak 37 gol. Striker Belanda, Klaas-Jan Huntelaar keluar sebagai top skorer kualifikasi Piala Eropa dengan 12 gol. Oranje juga mencatat rekor kemenangan sepanjang sejarah mereka, dengan membantai San Marino 11-0 pada 2 September 2011.
Fakta Singkat
Julukan : Oranje, Holland
Pelatih :
Bert van Marwijk
Partisipasi :
8 kali
Prestasi terbaik :
Juara 1988
 

Data dan Fakta

Nama Negara
Bendera
Koninkrijk der Nederlanden
Kepala Negara
Lambang negara
Ratu
Kepala Pemerintahan
Perdana Menteri
Bentuk Pemerintahan
Monarki Konstitusional
Ibukota
Amsterdaam
Pembagian wilayah
Provinsi (12 Provinsi)
Kota-kota besar
Amsterdaam, Rotterdaam, Den Haag, Eidhoven
Luas wilayah
37.354 Km2
Jumlah Penduduk
16.586.000 jiwa tahun 2009
Suku Bangsa
Belanda 97%, Indonesia dan Suriname 3%
Agama
Katholik 36%, Islam 2%
Bahasa
Belanda
Mata uang
Euro
Lagu Kebangsaan
Wilhelmus
Pendapatan perkapita
US$ 39.278 (2009)


Semoga Artikel ini bisa berguna bagi teman- teman semua yang sudah berkunjung. Terimakasih sudah mengunjungi dan memberi kesempatan Blog ini untuk membantu anda mencari informasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar