Sabtu, 24 November 2012

SAKA WANA BAKTI

Gambaran Umum Saka Wanabakti
Lahirnya Saka Wanabakti diawali dengan penandatangan piagam kerjasama Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dengan Departemen Kehutanan pada tanggal 27 Oktober 1983 oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Let. Jen TNI (Purn) Mashudi dan Menteri Kehutanan Kabinet Pembangunan III Republik Indonesia Dr. Soedjarwo. Pembentukan Saka Wanabakti ditetapkan dengan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No.134 Tahun 1983, tanggal 10 Desember 1983. Pada tanggal 19 Desember 1983, Pimpinan Saka Wanabakti ditetapkan dan dilantik oleh Wakil Presiden RI, Umar Wirahadikusamah, pada kesempatan Upacara Puncak Penghijauan Nasional di Desa Pidpid, Karangasem Bali, yang sampai saat ini tanggal tersebut sebagai lahirnya Saka Wanabakti (Saka Wanabakti Nasional: 2005).
Tujuan dibentuknya Saka Wanabakti adalah untuk memberi wadah pendidikan di bidang kehutanan kepada anggota Gerakan Pramuka, terutama Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega agar mereka dapat membantu membina dan mengembangkan kegiatan pelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup, melaksanakan secara nyata, produktif dan berguna bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega sebagai baktinya terhadap pembangunan masyarakat, bangsa dan negara (Kwarnas: 1984). Anggota Saka Wanabakti adalah:
  • pramuka Penegak dan Pramuka Pandega
  • pembina Pramuka sebagai Pamong Saka dan instruktur tetap
  • pemuda calon anggota Gerakan Pramuka yang berusia 16-25 tahun.
Saka Wanabakti meliputi 4 (empat) krida sebagai satuan terkecil dan menjadi wadah kegiatan keterampilan tertentu (Kep. Kwarnas: 1984), yaitu : (1) Krida Tata Wana; (2) Krida Reksa Wana; (3) Krida Bina Wana; (4) Krida Guna Wana. Dalam pelaksanaan operasionalnya, ditentukan upaya pokok dan langkah-langkah pencapaian kecakapan masing-masing krida yang dijabarkan kedalam Syarat Kecakapan Khusus (Duryat, 2005).
Identitas Mahoni
Nama binomial Mahoni adalah  Swietenia mahagoni. Klasifikasi ilmiah tentang Mahoni ialah :
Kingdom         : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom    : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi    : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi               : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas               : Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub Kelas        : Rosidae
Ordo                : Sapindales
Famili              : Meliaceae
Genus              : Swietenia
Spesies            : Swietenia mahagoni (L.) Jacq
Mahoni dapat ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan tempat-ternpat lain yang dekat dengan pantai, atau ditanam di tepi jalan sebagai pohon pelindung, reboisasi dan penghijauan (Anonim, 2010) yang asalnya dari Hindia Barat ini, dapat tumbuh subur bila tumbuh di pasir payau dekat dengan pantai. Jenis yang tumbuh pada zona lembab; menyebar luas secara alami atau dibudidayakan; jenis asli Meksiko (Yucatan), bagian tengah dan utara Amerika selatan (Wilayah Amazona)
Pohon selalu hijau dengan tinggi antara 30-35 cm. Kulit berwarna abu-abu dan halus ketika masih muda, berubah menjadi coklat tua, menggelembung dan mengelupas setelah tua. Daun bertandan dan menyirip yang panjangnya berkisar 35-50 cm, tersusun bergantian, halus berpasangan, 4-6 pasang tiap-daun, panjangnya berkisar 9 – 18 cm. Bunga kecil berwarna putih, panjang 10-20 cm, mulai bercabang. Buah kering merekah, umumnya berbentuk kapsul bercuping 5, keras, panjang 12-15 cm, abu-abu coklat, dan halus. Bagian luar buah mengeras, ketebalan 5-7 mm bagian dalam lebih tipis. Dibagian tengah mengeras seperti kayu, berbentuk kolom dengan 5 sudut yang memanjang menuju ujung. Buah akan pecah mulai dari ujung atau pangkal pada saat masak dan kering. Biji menempel pada kolumela melalui sayapnya, meninggalkan bekas yang nyata setelah benih terlepas. Umumnya setiap buah terdapat 35 -45 biji. Kayu Mahoni ini termasuk bahan mebel bernilai tinggi karena dekoratif dan mudah dikerjakan. Dalam sistem agroforestry digunakan sebagai tanaman naungan dan kayu bakar.
Pembuatan Bibit Mahoni (Swietenia mahagoni)
Kegiatan ini dilaksanakan selama rentang waktu 6 bulan antara Agustus 2009 hingga Februari 2010 dengan dana berasal dari kas Wanabakti dan donator yang sifatnya tidak mengikat. Pembuatan Bibit Mahoni (Swietenia mahagoni) oleh anggota Saka Wanabakti Kwartir Cabang Buleleng meliputi beberapa tahap kegiatan yaitu: (1) tahap persiapan dengan tujuan mempersiapkan serta memberi pengetahuan awal kepada anggota tentang teknik pembuatan bibit dengan kualitas unggul. Tahap persiapan ini meliputi penyusunan rencana dan jadwal pembibitan, penentuan lokasi dan penyediaan sarana dan prasarana; (2) tahap pelaksanaan yaitu melaksanakan kegiatan pembuatan bibit Mahoni (Swietenia mahagoni)  di gugusdepan masing-masing sesuai teori yang diberikan meliputi pengadaan biji, penaburan biji, penyapihan, pemeliharaan dan pengangkutan; (3) Tahap evaluasi yaitu pengecekan/pemantauan hasil kegiatan pembibitan ke masing-masing gugusdepan oleh instruktur saka guna mengetahui hasil dan kendala yang dihadapi (Panitia Pelaksana: 2010). Adapun langkah-langkah dalam membuat bibit sebagai berikut.
Pengadaan biji
Untuk memperoleh produktivitas kayu dan mutu tegakan yang tinggi perlu diupayakan pemakaian bibit yang baik. Bibit yang baik diperoleh dari tegakan benih yang telah berumur lebih dari 20 tahun. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengadaan biji :
  1. Diambil dari pohon yang pertumbuhannya baik dan jelas asal usulnya
  2. Bermutu baik, sehat dan tidak terserang hama penyakit
Penaburan biji
  1. Sebelum dilakukan penaburan, sayap biji digunting. Media tabur yang digunakan adalah tanah dicampur pasir dengan perbandingan 2 : 1, kemudian disaring dengan kawat saringan berukuran 2 mm. Sebelum dipakai sebaiknya media tersebut disterilkan terlebih dahulu. Untuk mencegah serangan hama-penyakit, bedeng tabur dibuat setinggi ± 1 meter dari permukaan tanah. Penaburan benih dilakukan secara merata ke seluruh permukaan media dengan jarak 2 x 1 cm pada bedengan tabur ukuran 5 x 1 m atau 2 x 1 m. Biji ditanam tanpa sayap dengan bagian biji yang tebal sebelah bawah. Bedeng tabur diberi naungan.
  2. Cara lain penaburan biji dapat dilakukan ke kontainer atau kantong plastik yang sudah diberi lubang-lubang kecil. Pada cara ini tidak diperlukan penyapihan bibit, tetapi diperlukan penyulaman pada kantong plastik yang bijinya tidak tumbuh. Perlakuan selayaknya sama seperti bibit yang disapih. Untuk menjaga kelembaban pada bedeng tabur, harus dilakukan penyiraman secara hati-hati.
Penyapihan
Benih mulai berkecambah ± pada hari ke 5 setelah penaburan. Pada umur 2-3 minggu atau kecambah sudah mempunyai 2-4 helai daun dapat dipindahkan ke dalam kantong plastik dengan ukuran 8 x 15 cm yang telah diisi media dengan alat penjepit (Dephut: 2007). Media yang digunakan beragam, yang penting media tersebut berareasi baik dan cukup mengandung hara mineral, antara lain dapat berupa campuran tanah humus dan pasir atau tanah mineral, kompos dan pasir. Komposisi yang umum dipakai adalah campuran pasir, tanah dan kompos dengan perbandingan 7 : 2 : 1.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyapihan bibit antara lain :
  1. Pencabutan semai dari bedeng tabur harus hati-hati dan akar tidak boleh patah
  2. Semai ditanam dalam kantong plastik atau kontainer lain berdiri tegak dan akar semai jangan melipat.
  3. Semai terhindar dari luka
  4. Penyapihan dilakukan pada pagi hari atau sore hari dan dilakukan dibawah naungan (sarlon)
Bibit persemaian siap ditanam di lapangan setelah berumur ± 5 bulan. Ukuran tinggi bibit ± 25 cm (dari pangkal batang sampai ujung daun), bagian batang bibit berkayu, diameter bibit > 2 mm, sehat dan segar.
Pemeliharaan dan Pengangkutan
Untuk memperoleh bibit yang berkualitas baik dalam jumlah yang memadai, perlu dilakukan pemeliharaan setelah kegiatan penyapihan. Kegiatan ini berupa penyiraman, penyiangan dan pemupukan. Penyiraman dilakukan setiap hari pada pagi dan sore hari. Penyiraman dilakukan secara hati-hati, menggunakan sprayer gendong dengan butiran air halus (kabut). Penyiangan terhadap gulma yang tumbuh pada kantong plastik dilakukan setiap hari. Pemupukan pertama dengan NPK dilakukan sewaktu mencampur media tumbuh dengan dosis 1 gram (1 sendok teh) setiap kantong. Pemupukan kedua dan selanjutnya dilakukan setiap bulan dengan dosis yang sama.
Sebelum bibit diangkut ke lapangan terlebih dahulu dilakukan seleksi bibit untuk memilih bibit yang baik. Bibit yang akan ditanam sebaiknya dibiarkan selama 2-3 hari di tempat penampungan, dengan maksud memberi waktu bagi bibit untuk menyesuaikan diri dengan keadaan tempat tumbuh yang baru. Terhadap bibit ini perlu dilakukan perawatan seperti di persemaian, sehingga kondisi bibit tetap sehat dan segar. Dalam pengangkutan bibit agar diupayakan dalam pengangkutan bibit ke lapangan seaman mungkin dengan menyimpan bibit pada rak angkut (Dephut: 2006).
Penanaman dilakukan pada awal musim hujan, yaitu setelah curah hujan cukup merata. Pada saat bibit ditanam, kantong plastik dilepas secara hati-hati supaya media tumbuh tetap utuh. Kemudian bibit dimasukkan kedalam lubang yang telah disiapkan, ditutup kembali dengan tanah serta dipadatkan. Jarak tanam diatur seperti yang dianjurkan dalam rencana.
Hasil dilapangan menunjukkan bahwa kegiatan pembuatan bibit Mahoni (Swietenia mahagoni) guna menghasilkan bibit dengan kualitas unggul dapat terlaksana dengan cukup baik. Sebanyak 70% atau 350 bibit Mahoni dapat dihasilkan dari 500 biji yang disemai. Benih yang tidak dapat tumbuh disebabkan oleh adanya genangan air akibat hujan serta penyiraman yang berlebihan. Bibit tersebut oleh anggota Saka Wanabakti Kwartir Cabang Buleleng disumbangkan kepada sekolah melalui penghijauan lingkungan, diberikan kepada guru dan ditanam pada areal kebun anggota sehingga dapat bermanfaat secara langsung terhadap pelestarian lingkungan (Panitia Pelaksana, 2010).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar